Sekilas Tentang Istana Topkapı Turki

Salah Satu Destinasi Dalam Tour Turki yang di adakan TurkiHoliday.com di negara Turki adalah Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı) atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja “Topkapi” dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).

Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Kepentingan Istana Topkapi memudar pada akhir abad ke-17 karena sultan lebih suka menghabiskan waktu di istana baru mereka di Bosporus. Pada tahun 1856, Sultan Abd-ul-Mejid I memindahkan kediamannya ke Istana Dolmabahçe. Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari “Wilayah Bersejarah Istanbul”, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Istana Topkapi yang terletak di Istanbul, Turki, memiliki banyak peninggalan para Nabi sebagai bagian dari museumnya. Bagi kaum Muslim, tempat ini tentu menjadi salah satu tempat yang ingin dikunjungi agar bisa melihat sendiri barang-barang peninggalan para Nabi, terutama peninggalan Nabi Muhammad SAW. Pada saat memasuki area utama museum di Istana Topkapi, Anda bisa melihat berbagai barang-barang bersejarah dari para Nabi dan juga dari Ka’bah. Karena barang-barang bersejarah ini sangat langka dan memiliki makna yang besar untuk kaum Muslim, Anda tidak boleh mengambil foto di dalam area museum dan tidak boleh menyentuh barang apapun. Peraturan ini diterapkan untuk menghindari kerusakan pada barang-barang dalam museum. Peraturan ini juga mendorong orang-orang yang ingin melihat peninggalan para Nabi untuk melihatnya langsung di Istana Topkapi.

Di dalam Istana Topkapi, ada banyak peninggalan suci yang dikumpulkan di antara abad ke-16 dan abad ke-20. Dari peninggalan Nabi Muhammad SAW, Istana Topkapi memiliki mantel, rambut dari janggut Nabi, gigi Nabi yang rusak dari pertempuran, jejak kakinya, surat, busur, dan juga pedangnya. Ada juga peninggalan suci yang dikaitkan dengan para Nabi lain, seperti nampan yang digunakan oleh Nabi Ibrahim AS, tongkat Nabi Musa AS, pedang Nabi Daud AS, dan jubah Nabi Yusuf AS. Ada juga koleksi pedang sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW dan kemeja, mantel, dan sajadah putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah.

Kenapa barang-barang ini bisa terkumpul di Istana Topkapi? Para sultan Ottoman memiliki tugas untuk memelihara dan memperbaiki Ka’bah di Mekah, sebagai Khalifah Islam dari abad ke-16. Karena banyak benda-benda berharga yang harus diganti dari waktu ke waktu, benda yang lama dibawa ke Istana Topkapi dan menjadi koleksi peninggalan suci. Bagi yang tertarik untuk melihat barang-barang ini secara langsung, bisa melihatnya di Istana Topkapi .

Hareem Section (Istana Harem Topkapi)

Hareem Section adalah sebuah bangunan khusus untuk Ibu dan Istri-istri sultan. Bangunan ini terdiri atas banyak kamar. Terhitung ada 300 kamar yang ada di dalam istana harem ini, mirip seperti apartemen. Di Istana Harem ini kamu bisa melihat sebuah ruangan dengan ornamen keramik yang sangat indah. Di ruangan inilah tempat berkumpulnya selir-serlir sultan.

Selir-selir ini adalah perempuan pilihan dari berbagai bangsa, perempuan-perempuan cantik ini akan diberikan pendidikan selama di harem. Perempuan yang terbaik nantinya akan di pilih menjadi istri sultan. Disini juga terdapat sebuah ruangan besar dengan ornamen keramik di dinding yang berwarna warni. Ruangan ini bernama Hareem Imperial Hall.

Sacred Relics Istana Topkapi

Ini adalah tempat yang paling ramai dengan antrian yang panjang. Di dalam ruangan inilah tersimpan benda-benda peninggalan bersejarah yang sangat berharga bagi umat Islam. Disini kita bisa melihat secara langsung barang-barang peninggalan para Nabi.

Kamu akan sangat terharu ketika bisa melihat sendiri tongkat asli Nabi Musa As yang Beliau gunakan untuk membelah laut merah, pedang Nabi Daud, sorban Nabi Yusuf, tempat minum Nabi Ibrahim, pedang para sahabat Rasulullah SAW, kunci Ka’bah, pembungkus Hajar Aswad, pakaian Fatimah Az Zahra dan benda bersejarah lainnya.

Lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Qori menambah syahdu dan religius suasana ruangan ini. Dan puncak dari semua keharuan dan ketakjuban adalah ketika bisa melihat langsung benda-benda peninggalan (relikui) Baginda Rasulullah SAW.

Relikui Rasulullah SAW di Istana Topkapi

Barang-barang peninggalan Baginda Rasulullah yang bisa kita lihat disini yaitu pedang, jubah (mantel) dan sabuk, janggut beliau, tongkat, sajadah, busur panah, surat dan stempel. Yang sangat mengagumkan adalah kita bisa melihat cetakan kaki kanan Beliau yang terbentuk saat peristiwa Mi’raj. Sedangkan cetakan kaki sebelah kiri sekarang disimpan di Masjidil Aqsa.

Melihat semua benda peninggalan Beliau ini menghadirkan perasaan seolah-olah sedang berada di sisi Beliau. Masyaallah. Di tempat ini dilarang untuk mengambil foto, bertujuan untuk menjaga keotentikan barang-barang berharga ini.

Harga Tiket Masuk Istana Topkapi

Harga tiket masuk ke dalam Istana adalah 30 TL, dan untuk masuk ke Istana Harem harus membeli tiket lagi seharga 15 TL.

Jika Anda ingin berkunjung ke Istana Topkapi, Tunggu apalagi, silakan hubungi Staf TurkiHoliday.com untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Tour Turki.

0812-8786-2420 ( Call, Whatsapp)

By | 2019-02-27T14:42:52+00:00 February 27th, 2019|tour turki|Comments Off on Sekilas Tentang Istana Topkapı Turki