Media Biofilter Sarang Tawon

//Media Biofilter Sarang Tawon

Media Biofilter Sarang Tawon

Media Biofilter Sarang Tawon (honeycomb contact) merupakan media biofilter terbaik untuk digunakan sebagai media pembiakan mikroba untuk menguraikan bahan-bahan pencemar organik yang terdapat dalam air limbah. Media biofilter sarang tawon terbuat dari bahan plastik yang ringan (PVC), tahan lama, mempunyai luas spesifik yang besar, ringan serta volume rongga yang besar sehingga resiko kebuntuan media sangat kecil.

Media pvc sarang tawon dirancang khusus untuk pengolahan ar limbah secara biologi. penggunaan media sarang tawon pada bioreaktor sangat efektif untuk mengurangi polutan organik baik secara aerob maupun secara anaerob. media sarang tawon di produksi menggunakan bahan rigid PVC yang mempunyai ketahanan terhadap sinar utraviolet , jamur, bakteri, asam dan basa yang biasa terdapat pada air limbah domestik.

Dibandingkan dengan media biofilter lainnya (seperti batuan kerikil, Mesh Pads (bantalan saringan serat), Briliio Pads, Bio Ball dan Random Packing), maka tipe media media biofilter tipe Sarang Tawon (cross flow) secara teknis memiliki keunggulan istimewa untuk digunakan sebagai media biofilter dalam pengolahan air limbah. Hasil kajian yang dilakukan diketahui bahwa media biofilter tipe sarang tawon memiliki bobot nilai tertinggi dibandingkan dengan media biofilter lainnya

Berdasarkan regulasi PERMEN LH No. 5 Tahun 2014 Lampiran XLVII yang mengatur bahwa setiap limbah cair industri harus memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan, maka telah dilakukan penelitian dalam upaya untuk memperoleh suatu sistem pengolahan air limbah yang cukup sederhana yang dapat diterapkan di industri-industri kecil. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan pengolahan limbah yang mengandung nitrat (NO3), nitrit (NO2), dan ammonia (NH3) dengan menerapkan sistem nitrifikasi biologis yang menggunakan reaktor biofilter tercelup menggunakan media sarang tawon. Pemilihan sistem ini karena telah diketahui cara biologis adalah cara yang paling ekonomis dan reaktor biofilter tercelup merupakan sistem yang mudah dioperasikan dengan hasil yang cukup maksimal. Hasil penelitian diperoleh efektivitas penurunan kadar nitrit (NO2) sebesar 97,23%, kadar ammonia (NH3) sebesar 85,80%, kadar N-total sebesar 43,65% dan kenaikan kadar nitrat (NO3) sebesar 21,92%, dengan waktu tinggal optimal selama 6-7 hari. Hal ini terjadi karena adanya bakteri pengurai yang melekat pada media sarang tawon yang dapat merombak senyawa-senyawa nitrogen.

Media Biofilter Sarang Tawon

Media sarang tawon merupakan media terstruktur dari bahan plastik dengan luas permukaan spesifik yang besar dan volume brongga yang besar sehingga dapat melekatkan mikroorganisme dalam jumlah yang besar dengan resiko kebuntuan yang sangat kecil. Konstruksi media terstruktur biasanya merupakan lembaran dari bahan PVC (polyvinyl chlorida). Metoda konstruksi ini memungkinkan media terstruktur diproduksi dengan harga yang lebih murah per unit luas permukaan dibandingkan pencetakan secara injeksi. PVC relatif merupakan resin murah dengan sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan PP atau HDPE. PVC pada awalnya bersifat hidrophobic namun biasanya menjadi basah atau mempunyai sifat kebasahan yang baik dalam waktu satu sampai dua minggu. Contoh media biofilter sarang tawon. Lembaran-lembaran PVC disambung membentuk blok segi-empat. Beberapa media mempunyai tube/ saluran dalam yang hanya mengalirkan sepanjang satu axis. Jenis lain dari media terstruktur yang dikenal sebagai cross corrugated packing yang memungkinkan aliran mengalir sepanjang dua axis. Hampir semua media terstruktur digunakan untuk biofilter adalah jenis aliran silang atau cross crosflow. Dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting terhadap pemilihan media seperti luas permukaan spesifik, jenis material, perawatan, dan lainnya maka dilakukan penelitian untuk mengurangi konsentrasi nitrogen total ini salah satu nya dengan mencoba menggunakan teknik biofilter dengan media sarang tawon pada proses pengolahannya.

By | 2019-10-24T09:24:30+00:00 October 24th, 2019|Media Sarang Tawon|Comments Off on Media Biofilter Sarang Tawon